Monday, September 14, 2015

Cara Membatalkan Pengiriman Email pada Gmail

Pernah mengirim email pada alamat yang salah atau berubah pikiran karena kata-katanya kurang pantas? Lantas, setelahnya kamu merasa menyesal sudah menekan tombol kirim? Sekarang kamu bisa mengatasi hal ini dengan memanfaatkan fitur terbaru dari Gmail yaitu pembatalan email terkirim tanpa diketahui oleh penerima email.
cover


Setelah beberapa tahun percobaan versi beta, kini fitur pembatalan pesan terkirim Gmail sudah tersedia untuk khalayak. Cara kerjanya adalah dengan melakukan delay pengiriman dan memberikan kamu waktu untuk membatalkan pengirimannya ketika kamu berubah pikiran. Tapi, fitur ini akan sulit digunakan jika kamu memiliki masalah dengan koneksi saat kamu menekan tombol Undo.
Pasti kamu penasaran bukan bagaimana melakukannya? Berikut penulis menjabarkan caranya untuk kamu.
1. Pertama, log in ke akun Gmail kamu. Pilih ikon gear yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih Settings.
1
2. Pilih menu General. Di sana ada pilihan Undo Send. Ceklis Enable Undo Send.
1
3. Setelah pilihan Enable Undo Send dicentang, pilihan waktu di bawahnya akan aktif dan kamu bisa memilih berapa lama delay yang kamu butuhkan sebelum pengiriman berhasil.
2
4. Scroll ke bawah lalu pilih Save Changes.
3a
Setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas, maka setiap kali kamu melakukan pengiriman email akan muncul pesan seperti pada gambar berikut :
4a

Nah, setelah mengetahui fitur ini, pasti kamu ingin segera mencobanya, bukan? Fitur ini tentunya akan semakin memudahkan kamu dalam berkirim email dan mengurangi resiko mati gaya karena salah mengirim pesan. Jadi, selamat mencoba~!

No comments:

Post a Comment