Friday, January 15, 2016

7 Text Editor Gratis Terbaik untuk Belajar Pemrograman Web

Untuk memulai belajar pemrograman Web maka diperlukan sebuah Text Editor untuk tempat menulis kode programnya juga untuk membuat file-file webnya seperti file HTML, CSS, JavaScript, dll. Ada banyak sekali text editor yang bisa kita unduh di internet, ada yang gratis ada juga yang berbayar.

Pada kesempatan kali ini TukaNgoding akan berbagi informasi mengenai 7 Text Editor Gratis Terbaik untuk Belajar Pemrograman Web, meskipun text editor ini gratis tetapi fitur-fiturnya tidak kalah dengan yang berbayar.



1. Notepad

Notepad

Platform : Windows

Yup, bagi para pengguna OS windows pasti sudah tidak asing dengan text editor yang satu ini, meskipun tampilannya sangat simple tetapi notepad ini sangat cocok untuk memulai belajar membuat sebuah web khususnya untuk memulai belajar HTML.

2. Notepad++

Notepad++
Platform : Windows

Text Editor yang satu ini hampir sama seperti notepad namun dengan adanya fitur tambahan yaitu adanya penomoran baris dan bisa membuka banyak file sekaligus (dalam tab). Ringan, mudah digunakan dan tentunya gratis. Download Notepad++.

3. Komodo Edit

Komodo Edit
Platform: Windows/OS X/Linux

Jika sobat membutuhkan sebuah text editor gratis yang mirip dengan sublime text saya rasa komodo edit adalah salah satunya, dengan fitur yang cukup banyak dan juga cukup ringan digunakan (saya sendiri menggunakannya) juga kita bisa memilih tema untuk tampilan editor ini. Download Komodo Edit.

4. Atom

Atom
Platform: OS X, Windows 7 & 8, Linux

Hampir mirip dengan Komodo Edit, Atom text editor memiliki banyak fitur hanya saja menurut saya penggunaanya cukup berat. Download Atom.

5. Brackets

Brackets

Platform: Windows/OS X/Linux

Text Editor gratis dari adobe ini juga memiliki kemiripan dengan Komodo Edit dan Atom hanya saja bracket lebih dikhususkan untuk tujuan web design dan front-end development, dengan fitur live preview, quick edit color dan css, juga dengan adanya dukungan extension.
Download Brackets.

6. Aptana Studio

Aptana Studio

Platform : Windows/OS X/Linux

Sebuah IDE yang dikembangkan oleh Eclipse yang memiliki banyak kelebihan, mendukung banyak bahasa pemrograman, Git Integration, SQL database tool, server tail views, javascript debugger dan multi-preview browser. Download Aptana Studio.

7. Aksi IDE

Aksi IDE

Platform : Windows/Linux

Aksi IDE merupakan sebuah IDE yang dibuat oleh seorang developer dari Indonesia bernama Luri Darmawan, Aksi IDE ini terbilang ringan untuk sebuah IDE, juga fitur umum IDE seperti auto complete, code snippet, dan code completion telah ada pada Aksi IDE. Tidak hanya itu, terdapat fitur khusus lainnya yaitu PHP Project Wizard, FTP Explorer, Live View Browser, Database Explorer, Class Generator,File Explorer, Multi Workspace, Code Explorer, Function List, dan masih banyak lagi. Download Aksi IDE.

Itulah 7 Text Editor Gratis Terbaik untuk Belajar Pemrograman Web, silahkan sobat download dan coba sesuai selera masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, salamsukaQu !

No comments:

Post a Comment